Cara Budidaya Tanaman Lada Panjat

Category : Lingkungan
Cara Budidaya Tanaman Lada Panjatby Bang Fadlieon.Cara Budidaya Tanaman Lada PanjatLada terutama bijinya, sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Theoprastus dari Yunani (372 ? 387 SM) sudah mengenal dua jenis Lada yaitu Piper nigrum (Lada Hitam) dan Piper longum. Tahun 600 ? 1500 para pedagang Arab mengangkut biji Lada dari pantai Malabar di India. Hubungan perdagang lada antara Jawa dan Cina tercatat mulai tahun 1500, […]
Gambar Lada Hitam

Gambar Lada Hitam

Lada terutama bijinya, sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Theoprastus dari Yunani (372 ? 387 SM) sudah mengenal dua jenis Lada yaitu Piper nigrum (Lada Hitam) dan Piper longum. Tahun 600 ? 1500 para pedagang Arab mengangkut biji Lada dari pantai Malabar di India. Hubungan perdagang lada antara Jawa dan Cina tercatat mulai tahun 1500, dan bangsa-bangsa Eropah antara lain Inggris, Spanyol, Portugis dan Belanda menjajah bangsa-bangsa di Asia termasuk Indonesia antara lain disebabkan oleh komoditi rempah dan obat termasuk Lada.

Di Indonesia pada masa penjajahan Belanda tanaman Lada pernah menjadi komoditas ekspor utama, tercatat antara tahun 1930 ? 1938 rata-rata ekspor Indonesia meliputi 50.000 ton per tahun. Pada tahun berikutnya yaitu pada tahun 1980 s.d saat ini rata-rata ekspor pertahun hanya sekitar 30.000 ton.

Penghasil Lada di Indonesia antara lain Lampung, Bangka dan Kalimantan Barat. Untuk Jawa Barat sendiri, tanaman lada mulai diminati petani dan untuk mempercepat masa panen / produktif, saat ini sudah mulai sudah mulai diupayakan baik oleh BALITRO Bogor maupun penangkar bibit suatu jenis lada perdu yang berasal dari Lada Panjat dengan perlakuan khusus pada waktu pembibitan.

1. Jenis Tanaman

  • 10 – 12 genera (marga)
  • 1.400 species (jenis) antara lain :

- Piper betle L (sirih/seureuh Sunda)
– Piper cubeba (kemukus).
– Piper retrofractum (cabe Jawa).

  • Varietas antara lain :

- Varietas Jambi dan Lampung
– Varietas Bulok Belantung
– Varietas Muntok atau Bangka

2. Syarat Tumbuh

  • Elevasi : Ketinggian berkisar dari 10 ? 500 m dpl (dataran rendah).
  • Iklim : A, B dan C
  • Curah hujan : di atas 2.000 mm per tahun.
  • Suhu : 25? – 26,5? C.
  • Ketinggian air tanah : relatif dalam (air tanah 0,5 M di bawah tanah terutama pada tanah gambut tidak ditolerir oleh tanaman Lada).
  • Jenis Tanah :

- Laterit merah, Latosol coklat muda sampai coklat tua.
– Tanah lempung yang mengandung pasir 20 – 45 % (clay loam).
– Tanah lempung merah mengandung pasir

Pencarian:

budidaya merica (186), Cara menanam sahang (139), budidaya tanaman merica (64), tanaman merica (62), Cara berkebun sahang (53), yhs-fh_lsonsw (43), tanaman sahang (43), cara tanam sahang (43), cara menanam merica (38), budi daya sahang (37)

Avatar for Bang Fadlie

Author: 

Pengalaman Bekerja di STIKEP Muhammadiyah Pontianak, membuat saya ingin berbagi masalah-masalah kesehatan, Selain itu saya yang hobi bercocok tanam dan memadukan artikel-artikel tersebut disini.

Related Posts